Tuesday, January 25, 2011

Misteri Hewan Laut Dalam (Foto-foto)

Palung Mariana yang terletak di samudera Pasifik merupakan tempat terdalam di Bumi. Dasar palung berada di kedalaman hingga 11 ribu meter. Tekanan di dasar palung mencapai 8 ton per inci persegi. Kedalaman laut menyimpan banyak misteri, termasuk tentang keunikan hewan laut yang mampu hidup di tempat yang sangat ekstrim tersebut.













Puncak Gunung Everest, yang berada di ketinggian 8.848 meter merupakan titik tertinggi yang ada di planet Bumi. Lalu, di manakah titik terendah yang ada di permukaan bumi?

Dengan kedalaman mencapai 11.030 meter di bawah permukaan laut, palung Mariana merupakan kawasan terendah di permukaan Bumi. Palung ini berada di samudera Pasifik, di sekitar timur laut Indonesia atau selatan Jepang.

Saking dalamnya, tekanan air di dasar palung itu mencapai 8 ton per inci persegi. Artinya, ada beban seberat 8 ton yang ditampung oleh ruang seluas 1 inci persegi.

Sebagai gambaran, di permukaan laut, tekanan udara yang mengelilingi tubuh kita adalah 15 pound atau 0,0075 ton per inci persegi. Manusia tanpa perlengkapan pernafasan bantuan tak akan mampu bertahan pada tekanan 355 pound atau 0,1775 ton per inci persegi. Apalagi 8 ton.

Lalu, adakah kehidupan di kedalaman laut seperti itu? Ternyata ada, dan luar biasa indahnya.
Sebagai contoh, paraliparis Copei Copei. Ia hidup di kedalaman 200 – 1692 meter. Ukurannya 17cm. Hewan lain, misalnya Glowing Sucker Octopus (Stauroteuthis Syrtensis) hidup di kedalaman 2500 meter. Ukurannya bisa mencapai 50cm.

Dumbo Octopus (Grimpoheuthis), bisa hidup di kedalaman 300-5000 meter. Ukuran hingga hewan ini mencapai 150 cm. Ada pula Hirondellea gigas yang bisa hidup di kedalaman 10.900 m, dan masih banyak lagi.

3 comments:

  1. .Subhanallah, Padahal TekananNya Segitu, Trus OxygenNya???

    .Manusia Tidak Akan Bisa Memecahkan Itu, Hanya Allah Yang Tau

    ReplyDelete

Jangan Lupa Komen...