Thursday, September 8, 2011

Surga Di Pulau Lombok


Menjejakkan kaki kembali di Pulau Lombok awal Juni ini, mengingatkanku pada 5 tahun lalu, saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau ini, saat itu aku bergabung dalam sebuah kelompok untuk melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, Gunung Cantik dengan pemandangan luarbiasa ciamik, kalo boleh meminjam sepenggal kata dari seorang teman 'Tuhan menjatuhkan setitik surga di Gunung Rinjani', sejauh mata memandang, hanya pemandangan indah yang terhampar, tak bosan untuk terus memandang sekeliling.

Kunjunganku kali ini ke Pulau Lombok, untuk perjalanan yang lebih ringan di banding 5 tahun lalu, hanya mengunjungi tempat-tempat wisata yang sudah populer di kalangan wisatawan yang berkunjung di Pulau Lombok. Kunjungan pertama kami menuju 3 pulau yang sangat terkenal, yaitu Gili Trawangan, Meno dan Air. Dari kota Mataram, kami menuju Bangsal untuk menyebrang langsung ke Gili Trawangan karena akan rencana menginap semalam. Pantai Biru jernih mengelilingi ketiga pulau cantik ini, serta pemandangan gunung Agung yang menjulang membiru di barat melengkapi kecantikan ketiga pulau. Tak lengkap menikmati ketiga gili tanpa snorkeling, melihat kecantikan underwater world. Selain ikan-ikan lucu warnawarni, kita juga beruntung melihat penyu yang berenang bebas di laut, pengalaman luarbiasa untuk saya yang belum bisa (pasti nanti akan mencoba) diving.

Saat di Gili Trawangan harus mencoba keliling pulau dengan menyewa sepeda yang banyak di sediakan, karena dalam satu putaran akan menikmati pemandangan yang berbeda dari tiap sudut pulau dan yang membuat hari menjadi lebih sempurna adalah sunset luar biasa indah di sunset view Gili Trawangan, beruntungnya kami mendapatkan sunset yang cantik sekali. Selanjutnya kami melangkah lebih ke timur, daerah Senaru Tepatnya, tempat ini mengingatkan ku pada finish point pendakin Rinjani 5 tahun lalu.

Ada air terjun cantik disini yang juga wajib di kunjungi saat berkesempatan ke Lombok, yaitu Sendang gile dan Tiu Kelep. Dengan membayar retribusi yang cukup murah, kami menelusuri jalan yang sudah di buat tangga-tangga menuju air terjun Sendang Gile,dan benar saja, lagi-lagi kami terpukau dengan kecantikannya, tapi jangan berpuas diri dulu, coba langakahkan kaki menelusuri track alami jalan tanah menuju Tiu Kelep yang hanya 20an menit seja dari Sendang Gile dan another Paradise is waiting.

Pemandangan yang terhampar benar2 membuat kami tak bisa berkata-kata, tak bisa diungkapkan kata, karena terlalu indah untuk di ungkapkan dalam kata-kata. Kami menikmati air yang segar di sini. Hari terakhir adalah xplore pantai selatan Lombok, ada pantai yang terkenal di sini yaitu Pantai Kuta, ya nama yang sama dengan Pantai Kuta Bali yang tersohor itu, tapi pantai kuta di Lombok sungguh berbeda dengan Bali, lebih putih dan lembut pasirnya, tidak terlalu ramai dengan wisatawan, bersih dan pemandangannya lebih spektakuler, bukan hanya hamparan pasir putih selembut tepung tapi juga karang-karang yang mencuat dari laut menambah kecantikan pemandangan.

Lebih ketimur lagi ada teluk yang terkenal dengan ritual Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang hanya muncul setahun sekali, Pantai yang unik dengan bukit teletubies (ini Cuma saya aja yang kasi nama, heheheheeeee) juga Tanjung Aan yang terkenal dengan pasir mericanya. Dan yang luar biasa dari pantai-pantai di selatan Lombok ini adalah, pantainya yang bening dengan pasir putih menghampar, duuuh beneran bikin asik berenang atau sekedar poto2 di pantai Beberapa hari di Lombok rasanya tak cukup, masih ada tempat lain yang bikin penasaran tapi tak sempat mampir, yaitu pulau-pulau kecil di tenggara lombok, dekat pelabuhan Lembar, konon terkenal dengan kebeningan air, sehingga ikan-ikan yang berseliweran pun tampak jelas.

Untuk Pemandangan Alam, Lombok jelas punya segalanya, dengan pemandangan yang luar biasa cantik, tiap kami tiba di suatu tempat pasti ternganga-nganga melihat cantiknya pemandangan yang terhampar, seakan-akan Tuhan begitu murah hati pada penghuni pulau ini sehingga Tuhan menitipkan Surga kecilnya di Pulau Lombok. Takberhenti bersyukur, mengucapkan pujian pada Tuhan atas keindahan yang diberikan pada pulau Lombok










No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Komen...