Friday, January 27, 2012

26 Planet Baru Di Temukan NASA

Washington - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA mengkonfirmasi adanya 26 planet baru yang telah ditemukan di luar sistem tata surya kita. Planet-planet baru tersebut ditemukan dalam misi teleskop angkasa Kepler.

Ke-26 planet baru itu tersebar di sepanjang 11 sistem planet kita. Temperatur planet-planet tersebut terlalu panas untuk kelangsungan hidup sehingga diyakini tak bisa dihuni. Sebabnya, semua planet tersebut mengitari bintang-bintang mereka lebih dekat daripada Venus, planet kedua dari Matahari yang memiliki temperatur permukaan 464 derajat Celcius.

Namun para ilmuwan NASA tetap senang dengan temuan tersebut.

"Sebelum misi Kepler, kita tahu sekitar 500 planet ekstrasurya di berbagai penjuru langit," ujar Doug Hudgins, ilmuwan program Kepler di markas besar NASA seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (27/1/2012).

"Sekarang, hanya dalam dua tahun menatap sepetak langit yang tidak lebih besar daripada kepalan tangan Anda, Kepler telah menemukan lebih dari 60 planet dan lebih dari 2.300 bakal planet," imbuhnya.

"Ini menunjukkan pada kita bahwa galaksi kita sarat dengan planet-planet dengan semua ukuran dan orbit," tandasnya.

Temuan planet-planet baru tersebut dijabarkan dalam empat tulisan berbeda di jurnal bulanan astronomi, Astrophysical Journal and the Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

Kepler merupakan misi pertama NASA untuk mencari planet-planet seperti Bumi yang mengitari bintang-bintang yang mirip dengan Matahari kita. Misi yang diluncurkan pada Maret 2009 ini dilengkapi dengan kamera terbesar (95 megapiksel) yang pernah dikirimkan ke angkasa luar. 

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Komen...