Saturday, February 5, 2011

Burung Kakatua Ternyata Kidal

Lho..Burung Kakaktua Ternyata Kidal
Burung Kakatua

Burung kakaktua, seperti manusia, memilih untuk menggunakan satu sisi tubuh mereka lebih banyak dibanding sisi lainnya dan kebanyakan dari mereka menggunakan tangan kiri --atau lebih tepatnya kaki kiri.
Peneliti Australia menemukan bahwa tampaknya semua burung kakatua yang mereka teliti lebih memilih untuk menggunakan mata kiri dan kaki kiri mereka atau mata kanan dan kaki kanan mereka.
"Pada dasarnya, Anda mendapati keterkaitan tersebut dengan mata yang mereka gunakan untuk melihat benda dan kemudian tangan yang digunakan untuk meraih benda tersebut dan hal itu konsisten terjadi di semua spesies kecuali pada satu pasangan," kata Calum Brown, dosen senior di Universitas Macquarie di Sydney, yang memimpin penelitian.
"Pada beberapa spesies, mereka sangat kuat menggunakan sisi kanan atau kiri tanpa ada variasi," tambahnya. Dalam penelitian yang dipublikasikan jurnal ilmiah "Biological Letters," Brown dan rekannya meneliti sekitar 320 burung beo dari 16 spesies yang berbeda di Australia untuk melihat mata mana yang mereka gunakan untuk melihat makanan yang potensial.
Ternyata mereka menemukan bahwa sekitar 47 persen menggunakan tangan kiri (kidal), 33 persen menggunakan tangan kanan dan sisanya menggunakan kedua tangan. Sebagai tambahan, dalam beberapa kasus, burung muda tampak mencoba kedua sisinya sebelum akhirnya memutuskan menggunakan satu sisi yang sesuai.
"Untuk jenis burung kakaktua jambul Sulphur --semua burung yang masih lajang kidal. Namun mereka yang beranjak dewasa ternyata mencoba dengan kedua tangan setiap saat," kata Brown. "Mereka bahkan terus menggunakan kedua tangannya."
Pemikiran mengenai pemilihan menggunakan salah satu tangan pada manusia terkait dengan penggunaan bagian otak yang disebut sebagai "lateralisation" (lokalisasi fungsi bagian kiri dan kanan otak).
Untuk kasus burung kakaktua, tampaknya hal tersebut menjadi keunggulan tersendiri terlepas apakah sisi kiri atau kanan yang mendominasi.
"Tampak jelas bahwa untuk mencari makanan dan menghadapi masalah yang lebih rumit bila Anda memiliki "lateralisation" baik menggunakan tangan kanan atau kidal, Anda akan cenderung lebih baik menangani tugas tersebut," kata Brown.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/11/02/04/162201-lhoburung-kakaktua-ternyata-kidal

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Komen...