Saturday, February 19, 2011

Maskapai Thailand Pekerjakan Pramugari Banci

Pemilihan miss waria di Thailand [google] Pemilihan miss waria di Thailand [google]



Diskriminasi seksual hampir tak pernah terjadi di Thailand. Bahkan kini, kaum transeksual atau pria yang bergaya perempuan mendapatkan kesetaraan hak. Para waria itu bahkan boleh bekerja sebagai pramugari.

Di Thailand,  toleransi terhadap waria yang dikenal sebagai sebagai katoeys memang cukup besar. Tak heran, di tempat umum,  banyak tersedia toilet untuk waria. Mereka memiliki kapasitas yang lebih besar di Thailand dibandingkan di negara-negara lainnya.

Para waria sering memegang pekerjaan di toko kosmetik atau toko kesehatan. Meskipun tanpa diskriminasi, kartu identifikasi Thailand masih mengenali mereka sebagai pria. Namun PC Air telah mengambil langkah lebih jauh dan telah mempekerjakan empat waria, termasuk mantan ratu kecantikan, sebagai pramugari.

Keputusan ini pertama kalinya dilakukan maskapai penerbangan Thailand. Dengan posisi yang dianggap lambang glamor, keempat waria itu menjadi trainee berada harus segera mempelajari trik penampilan feminin.  Pada April mendatang, maskapai ini akan memulai operasi untuk tujuan Asia.

 Empat pelamar waria yang terpilih adalah Dissanai Chitpraphachin, yang meraih mahkota Banci Thailand Tercantik 2007. Nama Chitpraphachin dipilih dari ratusan waria yang melamar untuk pekerjaan itu. Sembilan belas perempuan asli dan tujuh laki-laki juga dipilih untuk pramugara.

Direktur PC Airline, Peter Chan, ketika membahas mempekerjakan waria ini mengaku cukup sulit menyeleksi. Untuk memilih waria feminin, tim  SDM tidak bisa hanya menghabiskan lima atau 10 menit.

 “Kami menghabiskan sepanjang hari untuk memastikan kandidat terpilih benar-benar memiliki karakter feminim. Sementara untuk anatomi, itu urusan mereka sendiri,” katanya.

Sumber : http://www.suarapembaruan.com/home/maskapai-thailand-pekerjakan-pramugari-banci/3838

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Komen...